Cara membuat Pemancar FM dari bekas Tuner Blok (tunner block)

Bagi anda penggemar elektronika pastinya anda sudah tau yg namanya Tuner block yg biasa terdapat pada penerima radio(radio receiver). Nah,Selain digunakan sebagai penerima radio Tuner blok FM ini sebenarnya juga bisa di manfaatkan untuk merakit pemancar FM yang praktis dan memiliki ketahanan yang tinggi terhadap goncangan/pergeseran frekuensi, artinya meskipun dipancarkan terus menerus tidak ada pergeseran frekuensi yang berarti, masih bisa stabil meskipun tidak dikendalikan dengan rangkaian PLL. Inilah kelebihan osilator yang terdapat pada tuner blok yg menggunakan rangkaian sistem osilator colppits.Tutorial Cara membuat Pemancar FM dari bekas Tuner Blok menitik beratkan pada tuner blok yg sudah tidak dipakai lagi. di bawah ini adalah skema rangkaian osilator yang terdapat di dalam tunner blog FM.

Osilator yang terdapat pada tuner FM blok

Pin Out tuner FM blok
 

Dengan penambahan rangkaian yang minimalis dapat dihasilkan sebuah racangan pemancar yang praktis tetapi berdaya cukup besar, menurut data 2SC2538 bisa keluar maksimum 0,5 Watt. rangkaian ini Jika digunakan untuk mendorong(driver) 2SC1971 atau 2SC2539 sudah mampu menghasilkan keluaran daya yang maksimal.

Rangkaian penguat tiga tingkat untuk tuner FM blok


Daftar Komponen

C1, C7 = 223
C2,C3 = 20pF
C6 = 25pF
C4,C5,C8,C9 = 102
C10 = 33pF
C11 = 10uF
C12 = 100uF
R1,R4 = 22k
R2,R5 = 10
R3,R7 = 47
R6 = 33
R8 = 1k
R9 = 10
Q1,Q2 = FCS9018
Q3 = 2SC2538, 2SC2053
D1 = 1N4148
L1,L2,L3,L4 = 5T
IC1 = 7809

   Untuk merubah frekuensi kerja tinggal putar tuner blok sesuka kehendak kita. Dengan kestabilan osilator yang dimiliki oleh tuner blok tersebut, wah asyik juga kalau digunakan untuk broadcasting. Akhirnya pun dikuatkan lagi dayanya sampai 60 watt, waktu itu saya gunakan transistor 2SC 2539 dan 2SC 2630. ditambah pula dengan Enkoder maka jadilah pemancar yang stereo.
Itu saja sob semoga  Cara membuat Pemancar FM dari bekas Tuner Blok (tunner block) ini bermanfaat bagi anda

17 responses to “Cara membuat Pemancar FM dari bekas Tuner Blok (tunner block)”

  1. yogha gembong says :

    slan knal mas, mau tnya mas, sya sdah buat tapi klau sya hubungkan ke pnguat hasilnya kurang mmuaskan dan daya pancarnya kurang jauh, hnya skitar 50meter sja,, gimana sulusinya mas, apa ada yg prlu d gnti? mksih sbelumnya

  2. Fahri emje says :

    rangkaian diatas hanya sebatas sampai buffer saja..Sebaiknya ditambahkan 3 tahapan lagi agar bisa memperoleh daya maksimal.Q3 sebaiknya anda menggunakan TR 2SC2026

  3. Fahri emje says :

    rangkaian diatas hanya sebatas sampai buffer saja..Sebaiknya ditambahkan 3 tahapan lagi agar bisa memperoleh daya maksimal.Q3 sebaiknya anda menggunakan TR 2SC2026

  4. yogha gembong says :

    kalau rangkaian buffernya sya pakai potongan pnancar ronica sc-197 bisa gak mas, klau bisa gimana cara menguatkanya lagi biar jarak pancarnya kira2 5km

  5. Fahri emje says :

    sebaiknay tahapan setelah ini anda pakai 2sc2053 2tingkat dah sampai 5km dlm pengalaman saya

  6. yogha gembong says :

    mksudnya yg pakek c2053 yg mana mas, d pnguat pd skema d atas atau pd potongan pmancar ronica

  7. yogha gembong says :

    kalau kabel antenanya pakai kabel tembaga setinggi 5 meter kira2 jaraknya berapa km mas,,,???

  8. Anonymous says :

    gan lilitannya itu beli ato ambil dari radio bekas???dari madiunraditya

  9. Fahri emje says :

    gembong@pemancar diatas cman nyampe 3km maximalraditya@bisa beli murah ko

  10. Fahri emje says :

    gembong@pemancar diatas cman nyampe 3km maximalraditya@bisa beli murah ko

  11. joss andreansyah says :

    bos aq beli di bos buffernya aja bisa gk?lau bisa hbungi di no ni boss 087755588171

  12. yogha gembong says :

    kalau antenanya pakai antena ground plane bagus gak mas. . .

  13. Fahri emje says :

    bagus tapi sebaiknya rangkaiannya di tambah lagi biar daya pancarnya lbh jauh

  14. Fathur Ramadhani says :

    Wah sebenarnya aku sangat tertarik dengan artikel ini, tapi kok masih belum paham ya mas…kalo ada yg dah jadi mau diwariskan, saya mau nih. Buat kegiatan adik2 di MTsku

  15. Fathur Ramadhani says :

    Wah sebenarnya aku sangat tertarik dengan artikel ini, tapi kok masih belum paham ya mas…kalo ada yg dah jadi mau diwariskan, saya mau nih. Buat kegiatan adik2 di MTsku

  16. Anonymous says :

    seeppp mas browwww……tapi jumlah lilitan pada kawatnya berapa dan diameter lingkaran itu berapa?,,,,,bear sesui dengan yg diharapkan!!!!maksihhh

  17. arisokcool Agus Aris Styawan says :

    mas, bisa minta tolong aku dibuatkan rangkaian pemancar fm seperti itu?kira-kira dananya habiz berapa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: